Jumat, Juni 13

RESITAL ; MAHLUK APAKAH ITU ?!

Tiga tahun yang lalu, saat gerimis ikut andil menjaga lingkungan kita agar bisa tumbuh tunas-tunas muda diantara reranting-reranting tua yang hampir patah. Saya bertemu dengan teman karib saya yang memang mumpuni disegala lini kehidupan lapangan kreativitas, ya bisa dikatakan dia penjaga gawang yang handal. Kepulan asap tak lagi keluar dari bibirnya karena tubuhnya pernah dihunjam aliran air infuse. Dia, Dayat Raharja dan mulai perbincangan dengan saya, tentang bagaimana membuat sesuatu agar semua terasa menggeliat. Dia pun batuk-batuk karena kepulan asap Marlboro yang sempat ia hirup dari cerobong muka saya. “Karya dong, dan harus berkarya”, hanya itu yang sampai sekarang menyelimuti otak saya. Maka, lahirlah mahluk yang bernama “keberanian tuk berkarya”. Cercaan, kepulan kecurigaan, konflik imajiner ikut andil dalam mengembangkan kelahiran mahluk yang bernama resital. Makhluk yang tengah menggeliat menuju proses pendewasaan.Dua puluh empat film, 16 judul video klip, 5 karya pagelaran teater, satu karya pawai topeng dan puluhan karya poster sudah lepas dari busurnya dan mahluk itu sudah melahirkan sutradara-sutradara muda, aktor dan aktris amatir serta perupa-perupa yang selalu kangen pada acara resital. Sebentar lagi tepatnya tanggal 17 sampai 24 Juni mahluk yang penuh gagasan itu menggebyar penayangan Film Pelajar Video klip (judul film : Street FootballSlamet in the MovieTrio TSongennep CiltureJaka ApesTarian Diujung DeritaTao Tengngu Dibi’) , pameran poster dan pamlet, pameran mading 3 dimensi, pementasan teater 100 topeng, pemutaran iklan dan juga tempat nongkrong café K@TES. Saya jadi berkhayal kepada sosok teman karib saya, dengan senyumnya bisa merontokkan kegersangan imajinasi, tanpa kepulasan asap dari mulutnya pun masih tersungging senyuman. Entah apa makna senyum itu apakah karena ingat akan infus yang pernah menjalar dipembuluh darahnya atau karena melihat siswa-siswa di SMA 1 yang kian liar kreativitasnya membidik persoalan-persoalan di lingkungannya. Entahlah hahaha……..(mahluk apa ini ?!) (by. Agus teater)

Tidak ada komentar: